Home » » tips cara mudah membersihkan touchscreen atau layar sentuh

tips cara mudah membersihkan touchscreen atau layar sentuh


Di era baru ini semua perangkat elektronik hampir menggunakan teknologi touchsreen atau layar sentuh. Entah itu laptop, smartphone, tablet, dan sebagainya. Kepraktisan yang mendorong semua perangkat untuk menggunakan teknologi ini. Tapi pernahkah anda mengecek kebersihanya? Atau anda selalu cuci tangan sebelum menggunakan laptop, smartphone, tablet? Keberadaan bakteri, kuman yang ada pada tangan atau tempelan pipi ketika menelpon adalah contoh ancaman yang tidak sehat.

Touchscreen atau layar sentuh perlu sering dibersihkan. Touchscreen ini tentu bisa mendapatkan kotor lebih cepat daripada layar non-sentuh, dan kotoran dapat menghalangi penglihatan visual dan bisa mengakibatkan hambatan pada sensivitas touchscreen atau layar sentuh anda.

Anda tidak harus membeli peralatan yang khusus dan mahal. Cukup gunakan peralatan yang ada pada sehari-hari untuk membersihkanya. Berikut adalah tips cara mudah membersihkan touchscreen atau layar sentuh :

Gunakan kain microfiber

Mengapa harus kain microfiber? Mengapa tidak menggunakan kapas atau tissu saja? Membersihkan menggunakan kapas dan tissu dapat meninggalkan debu akibat dari adanya sisa yang terlepas dan menempel di rongga.

Anda pasti punya, atau bagaimana cara mendapatkanya? Mudah, cukup pergi ke optik kacamata atau toko komputer atau toko gadget atau toko online pun banyak. Harganya tentu sangat murah.  Caranya cukup usap secara perlahan kedalam layar sentuh. Gunakan tekanan yang proporsional. Santai saja jangan menekan terlalu keras.

Saran saya usap layar secara kanan-kiri horizontal, atas-bawah vertikal atau membulat. Sudahkah bersih? Bila belum berhasil..

Gunakan Cairan Pembersih

Saran saya, agar safety matikan dulu perangkatnya. Ini dilakukan untuk menghindari konsleting dari komponen. Ya setidaknya ada usaha meminimalisasi kerusakan perangkatnya. Sayang tidak kalau perangkatnya rusak gara-gara tledor?

Cairan ini juga tersedia banyak dipasaran. Bilang saja ke toko, LCD clearing kit pasti ditunjukanlah cairan itu.

Caranya gunakan setetes demi setetes cairan itu sampai semua tercover. Janganlah terlalu banyak atau tebal. Tipis-tipis sajalah. Usaplah menggunakan kain microfiber secara searah saja. Ulangi kegiatan ini sampai benar-benar kering. Dijamin kotoran akan hilang dengan usaha itu.

Demikian tips cara mudah membersihkan touchscreen atau layar sentuh. Ayo coba praktekkan tips ini dirumah. Selalu jaga kebersihan touchscreen atau layar sentuh anda. Semoga bermanfaat dan ayo share.

Salam teknourban !



0 comments:

Post a Comment

Search