Home » » Cara Cek Kecepatan Internet Lewat CMD (Command Prompt)

Cara Cek Kecepatan Internet Lewat CMD (Command Prompt)

Terasa sulit sekali kita dipisahkan dengan kata “Internet” untuk kebutuhan sehari-hari untuk mencari informasi, mencari tutorial, ngeblog, baca berita, email, sosial media, game, telepon, lihat video streaming, download file, chatting, kuliah online dan lain sebagainya. Pasti menyenangkan apabila mempunyai kecepatan internet yang stabil dan wuss wuss.

Selain kecepatan hal lain yang menjadi pertimbangan adalah kestabilan koneksi kadang-kadang kencang, lambat, ataupun time out. Bila kecepatan dan koneksi stabil maka pengguna akan nyaman menggunakan internet. Sehingga terbesit pertanyaan (kepo/penasaran) berapa sih kecepatan internet punyaku?

Cara mengeceknya bisa lewat banyak hal, disini kita akan bahas menggunakan program CMD (Command Prompt) yang sudah menjadi bawaan windows anda.

Apa itu CMD? Command Prompt atau DOS prompt adalah sebuah command line (baris perintah) pada sebuah OS (Operating System) berbasis GUI untuk mengesekusi file dengan cara menuliskan perintahnya pada jendela cmd. Atau singkatnya Command Prompt ini adalah sistem operasi berbasis baris perintah karena sebenarnya Command Prompt atau DOS prompt ini pada awalnya digunakan sebagai sistem operasi akan tetapi setelah dos mulai banyak di tinggalkan maka sekarang dos tetap di integrasikan oleh microsoft pada Windows yang lebih kita kenal dengan nama MS-DOS atau Command Prompt.

Mari mulai langkah-langkah cek kecepatan internetnya,

1. Masuklah program CMD terlebih dulu
Cara masuk CMD pada sistem operasi Windows adalah sebagai berikut :
Klik Stat, lalu Ketik “CMD” di Text Box Search Programs and Files, lalu Enter,


Atau Tekan tombol Windows + R, lalu ketik “CMD”, lalu Enter,

Akan Muncul Program CMD seperti berikut :

2. Setelah CMD terbuka, kita akan nembak Ping DNS punya Google yakni, 8.8.8.8 dengan waktu tak terhingga, melalui pengiriman 1000 byte. 
Ketik saja : ping 8.8.8.8 –t –l 1000 seperti ini

3. Setelah mengetik diatas, tekan Enter

4. Akan muncul seperti ini

Perintah tidak bisa diakhiri karena sudah memasukan perintah waktu tak terhingga. Sehingga untuk mengakhiri tekan saja Ctrl + C.

5 Keterangan, Nilai Time= bila nilai semakin besar maka akan kecepatan semakin lambat, nilai semakin sedikit berarti kecepatan semakin cepat.

Lanjut kesimpulan, berapa nilai Time= anda? Dengan mengetahui nilai time yang kita kirimkan pada awal tadi 1000 byte. Nilai “1000” pun kita bisa ubah dengan nilai berapapun bytes kita mau. Nah, dengan ini, kita bisa merata-rata kecepatan internet secara realtime/sewaktu-waktu/kapanpun semau kita. Selamat Mencoba.


Salam Tekno Urban !

1 comments:

Search